59. Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah
Aliyah Kejuruan (MAK)
A. Latar
Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA
bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta,
konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses
penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik
untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan
lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.
IPA diperlukan dalam kehidupan
sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah
yang dapat diidentifikasi. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar
tidak berdampak buruk terhadap lingkungan.
Mata pelajaran IPA diharapkan menekankan pembelajaran Salingtemas
(Sains, lingkungan, teknologi, dan
masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk menerapkan konsep IPA secara
bijaksana.
Mata pelajaran IPA berhubungan
dengan bagaimana memahami alam secara sistematis, juga merupakan wahana bagi
peserta didik untuk memahami diri dan alam sekitar, serta bagaimana
memperlakukan alam sekitar guna menjaga kelestariannya.
Mata pelajaran IPA merupakan mata
pelajaran adaptif, yang bertujuan membekali peserta didik dasar pengetahuan
tentang hukum-hukum kealaman serta makhluk hidup dan tidak hidup yang menjadi
dasar sekaligus syarat kemampuan, yang berfungsi mengantarkan peserta didik guna
mencapai kompetensi program keahliannya. Di samping itu mata pelajaran IPA
mempersiapkan kemampuan peserta didik agar dapat mengembangkan program
keahliannya pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
B. Tujuan
Mata
pelajaran IPA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha
Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
2. Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala
alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari
3. Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam
memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam
4. Mengembangkan pemahaman dan kemampuan IPA untuk menunjang
kompetensi produktif.
C.
Ruang Lingkup
Ruang
lingkup mata pelajaran IPA meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Gejala-gejala
alam
2.
Polusi dan pencemaran lingkungan
3. Ekosistem, komponen ekosistem, keseimbangan lingkungan,
dan Amdal.
D. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
1. 1
Mengidentifikasi obyek secara
terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik
1.
2 Mengidentifikasi
obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik
|
2.
Memahami polusi
dan dampaknya terhadap manusia dan lingkungan
|
2. 1
Mengidentifikasi
jenis limbah
2. 2
Mengidentifikasi
jenis polusi pada lingkungan kerja
2. 3
Mendeskripsikan
dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan
2. 4
Mendeskripsikan
cara-cara menangani limbah
|
3. Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam
menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
|
3. 1
Mengidentifikasi
komponen ekosistem
3. 2
Menjelaskan
konsep keseimbangan lingkungan
3. 3
Mendeskripsikan
Amdal
|
E. Arah
Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
(Dikutip dari Standar Isi sesuai Permen Pendidikan Nomor: 22 Tahun 2006)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar