Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan
Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006
tentang Standar Isi Untuk Satuan
Pendidikkan Dasar dan Menengah. Peraturan Menteri
ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal
23 Mei 2006.
Wassalamu
‘alaikum Wr. Wb.
46. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah
Tsanawiyah (MTs)
A.
Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA
bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta,
konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses
penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik
untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan
lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada
pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi
dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk
inkuiri dan berbuat sehingga dapat
membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang
alam sekitar.
IPA diperlukan dalam kehidupan
sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah
yang dapat diidentifikasikan. Penerapan
IPA perlu dilakukan secara bijaksana untuk menjaga dan memelihara kelestarian
lingkungan. Di tingkat SMP/MTs
diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan,
teknologi, dan masyarakat) secara
terpadu yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat
suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah secara
bijaksana.
Pembelajaran
IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja
dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan
hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SMP/MTs menekankan pada pemberian
pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan
keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Standar Kompetensi (SK) dan
Kompetensi Dasar (KD) IPA di SMP/MTs merupakan standar minimum yang secara
nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan
kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada
pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan
pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.
B.
Tujuan
Mata pelajaran IPA di SMP/MTs
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Meningkatkan
keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan,
keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
2. Mengembangkan
pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang
bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mengembangkan
rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang
saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.
Melakukan
inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak ilmiah serta berkomunikasi
5.
Meningkatkan
kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan
serta sumber daya alam
6.
Meningkatkan
kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu
ciptaan Tuhan
7.
Meningkatkan
pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan
pendidikan ke jenjang selanjutnya.
C.
Ruang Lingkup
Bahan kajian IPA untuk SMP/MTs
merupakan kelanjutan bahan kajian IPA SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai
berikut.
1. Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
2. Materi dan
Sifatnya
3. Energi dan
Perubahannya
4. Bumi dan
Alam Semesta
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Kelas VII, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari
benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
|
1.1
Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
1.2
Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
1.3
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
|
2.
Memahami klasifikasi zat
|
2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan
basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan
bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia
sederhana
2.4 Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan
campuran
|
3. Memahami
wujud zat dan perubahannya
|
3.1
Menyelidiki sifat-sifat zat
berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2
Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
3.3
Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan
sehari-hari
3.4
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu
benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.
Memahami berbagai sifat dalam
perubahan fisika dan kimia
|
4.1
Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
4.2 Melakukan
pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat
kimia
4.3
Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan
sederhana
4.4
Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana
|
Kelas
VII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
5. Memahami gejala-gejala alam
melalui pengamatan
|
5.1
Melaksanakan pengamatan objek
secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik dan a-biotik
5.2
Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati
gejala-gejala kehidupan
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam
melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
6. Memahami keanekara-gaman makhluk hidup
|
6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup
berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan
mulai dari tingkat sel sampai organisme
|
7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
|
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan
antara komponen ekosistem
7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman
mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi
manusia terhadap lingkungan
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam
pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
1.1 Menganalisis pentingnya
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
|
2.1 Mengidentifikasi struktur
dan fungsi jaringan tumbuhan
2.2
Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada
tumbuhan hijau
2.3
Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Menjelaskan konsep partikel materi
|
3.1 Menjelaskan
konsep atom, ion, dan molekul
3.2 Menghubungkan
konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
3.3 Membandingkan
molekul unsur dan molekul senyawa
|
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
|
4.1 Mencari
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari
4.2
Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia
4.3 Mendeskripsikan
bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam
bahan makanan
4.4 Mendeskripsikan
sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
4.5 Menghindarkan diri
dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
Kelas VIII,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi
dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada
suatu benda yang dikenai gaya
5.2 Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam
kehidupan sehari-hari
5.3 Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan
energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.4 Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair,
dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
6. Memahami konsep dan penerapan getaran,
gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
|
6.1 Mendeskripsikan konsep
getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
6.2 Mendeskripsikan konsep bunyi dalam
kehidupan sehari-hari
6.3 Menyelidiki sifat-sifat
cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
6.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas
IX, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan
manusia
|
1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan
penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk
hidup
|
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk
hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada
makhluk hidup
2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil
pewarisan sifat dan penerapannya.
2.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung
kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
3. Memahami konsep kelistrikan
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1 Mendeskripsikan muatan
listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam
kehidupan sehari-hari
3.2 Menganalisis percobaan
listrik dinamis dalam suatu rangkaian
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Mendeskripsikan prinsip kerja
elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan hubungan
energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas IX, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
4.
Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menyelidiki gejala
kemagnetan dan cara membuat magnet
4.2 Mendeskripsikan
pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
4.3 Menerapkan
konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat
yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
|
5.
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
|
5.1 Mendeskripsikan karakteristik sistem tata
surya
5.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang
dan bumi sebagai salah satu planet
5.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan
satelit buatan serta pengaruh interaksinya
5.4 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan
zat dan kalor
5.5 Menjelaskan hubungan antarar proses yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan
lingkungan
|
E.
Arah
Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah
dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar