Rabu, 18 Juli 2012

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD BERBASIS KOMPUTER

 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi  dan aktivitas belajar biologi siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif  tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) Berbasis Komputer dan untuk mengetahui hubungan peningkatan prestasi belajar biologi di tinjau dari motivasi belajar.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan selama 3 bulan dengan 3 siklus pada bulan Januari, Pebruari dan Maret 2012. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA unggulan SMA Negeri 1 Batang Angkola Tahun Pelajaran 2011/2012 berjumlah 32 orang terdiri dari laki-laki 7 orang dan perempuan 25 orang. Objek penelitian adalah prestasi belajar biologi siswa materi evolusi. Teknik dan alat pengumpulan data berupa tes untuk mengukur prestasi belajar  biologi dan angket untuk mengukur motivasi belajar biologi. Tes dan angket  yang digunakan telah di ujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas alat pengumpul data terhadap  siswa di luar subjek penelitian. Data aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajarn dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian  menunjukkan: 1) prestasi belajar biologi dengan penerapan pembelajaran kooperatif  tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) Berbasis Komputer  pada  siklus I  rata-rata 71,56.  siklus II  rata-rata 76,88 dan siklu III rata-rata 80,16.  2) aktivitas siswa dalam proses kelompok belajar menunjukkan persentase rata-rata  pada siklus I 56,25%  siklus II  78,13% dan siklus III 81,25%. 3)  prestasi belajar biologi ditinjau dari motivasi belajar menunjukkan motivasi belajar siswa tinggi  rata-rata 76,75 prestasi belajar siswa  rata-rata 81,76; motivasi belajar siswa sedang rata-rata 67,29 prestasi belajar siswa rata-rata 75,00; motivasi belajar siswa rendah rata-rata 55,43 prestasi belajar siswa rata-rata 72,86.
Kesimpulan dari penilitian ini: (1) Prestasi belajar biologi siswa materi evolusi meningkat melalui penerapan pembelajaran kooperatif  tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) berbasis Komputer. (2) Aktivitas belajar biologi siswa materi evolusi meningkat melalui penerapan pembelajaran kooperatif  tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) berbasis Komputer (3) Prestasi belajar biologi siswa materi evolusi melalui penerapan pembelajaran kooperatif  tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) Berbasis Komputer memiliki hubungan dengan motivasi belajar. Semakin tinggi motivasi belajar siswa, prestasi belajar siswa semakin tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa agar guru senantiasa memotivasi siswa dan melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada siswa sesuai dengan materi pembelajaran dan menggunakan komputer sebagai media pembelajaran. Pembelajaran kooperatif  tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) berbasis Komputer merupakan satu alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Kepada Kepala Sekolah disarankan melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran guna memudahkan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis komputer. Kepada peneliti selanjutnya disarankan agar lebih memperluas kajian penerapan pembelajaran dan mengkaji faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar. (selanjutnya hubungi............... 081375027052)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar