Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar biologi siswa dengan
penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student
Teams Achievement Devision (STAD) Berbasis Komputer dan untuk mengetahui
hubungan peningkatan prestasi belajar biologi di tinjau dari motivasi belajar.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan selama 3
bulan dengan 3 siklus pada bulan Januari, Pebruari dan Maret 2012. Subjek
penelitian adalah siswa kelas XII IPA unggulan SMA Negeri 1 Batang Angkola
Tahun Pelajaran 2011/2012 berjumlah 32 orang terdiri dari laki-laki 7 orang dan
perempuan 25 orang. Objek penelitian adalah prestasi belajar biologi siswa
materi evolusi. Teknik dan alat pengumpulan data berupa tes untuk mengukur
prestasi belajar biologi dan angket
untuk mengukur motivasi belajar biologi. Tes dan angket yang digunakan telah di ujicobakan untuk
mengetahui validitas dan reliabilitas alat pengumpul data terhadap siswa di luar subjek penelitian. Data aktivitas
siswa dan pelaksanaan pembelajarn dikumpulkan dengan menggunakan lembar
observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan
analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) prestasi belajar biologi
dengan penerapan pembelajaran kooperatif
tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) Berbasis Komputer pada
siklus I rata-rata 71,56. siklus II
rata-rata 76,88 dan siklu III rata-rata 80,16. 2) aktivitas siswa dalam proses kelompok
belajar menunjukkan persentase rata-rata
pada siklus I 56,25% siklus
II 78,13% dan siklus III 81,25%. 3) prestasi belajar biologi ditinjau dari motivasi
belajar menunjukkan motivasi belajar siswa tinggi rata-rata 76,75 prestasi belajar siswa rata-rata 81,76; motivasi belajar siswa
sedang rata-rata 67,29 prestasi belajar siswa rata-rata 75,00; motivasi belajar
siswa rendah rata-rata 55,43 prestasi belajar siswa rata-rata 72,86.
Kesimpulan dari penilitian ini: (1) Prestasi belajar
biologi siswa materi evolusi meningkat melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision
(STAD) berbasis Komputer. (2) Aktivitas belajar biologi siswa materi evolusi
meningkat melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision
(STAD) berbasis Komputer (3) Prestasi belajar biologi siswa materi evolusi
melalui penerapan pembelajaran kooperatif
tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) Berbasis Komputer
memiliki hubungan dengan motivasi belajar. Semakin tinggi motivasi belajar
siswa, prestasi belajar siswa semakin tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa agar guru senantiasa memotivasi siswa dan
melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada siswa sesuai dengan materi
pembelajaran dan menggunakan komputer sebagai media pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision
(STAD) berbasis Komputer merupakan satu alternatif dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa. Kepada Kepala Sekolah disarankan melengkapi sarana dan prasarana
pembelajaran guna memudahkan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis
komputer. Kepada peneliti selanjutnya disarankan agar lebih memperluas kajian
penerapan pembelajaran dan mengkaji faktor lain yang mempengaruhi prestasi
belajar. (selanjutnya hubungi............... 081375027052)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar